Tuesday, June 14, 2011

Penjual Jenang Gempol

Gempol, mungkin ada yang heran dan terbengong-bengong membaca kata itu, tapi buat orang Jawa tengah mungkin makanan itu tidak terlalu asing. Mereka pasti tau yang namanya Es Gempol, bulatan dari tepung beras putih dengan siraman kuah santan melimpah yang berasa manis di lidah ditambah dengan pleret berwarna merah yang kontras dengan kuah putihnya.
Jenang gempol?miripkah?mirip di gempol dan kuah santannya akan tetapi kombinasinya adalah jenang berwarna coklat berasa manis dari gula jawa. Rasanya legit, manis!
Tidak seperti penjual es gempol yang dapat ditemui di banyak tempat, penjual jenang gempol ini setau saya hanya saya temui di satu tempat di Muntilan, Jawa Tengah tepatnya di jalan Tambakan.

Penjual jenang gempol ini sudah ada sejak saya masih kecil (lupa pastinya) dan sampai sekarang dia masih berjualan, tidak ada regenerasi, atu mungkin lebih tepatnya belum.
Kalau saya pulang ke rumah Mamah di pucuk gunung merapi, pagi harinya saya pasti menyempatkan untuk bertemu penjual jenang gempol ini untuk makan barang sepincuk atau dua pincuk jenang gempol. Kalau musim liburan tiba penjual ini akan kebanjiran pelanggannya yang dari luar kota yang memangg menyempatkan diri untuk mampir dan mencicipi kuliner yang mengingatkan mereka pada masa lalu.

No comments: